Senin, 13 April 2015



PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN TGFU

Penilaian merupakan bentuk apresiasi dari apa yang sudah kita lihat atau lakukan. Baik dari segi prosesnya maupun dari segi keterampilannya semua dapat kita nilai. Penilaian juga harus sejalan dengan pendekatan Teaching Games for Undertanding (TGFU). TGFU ini mengatur bagaimana olahraga harus berjalan dan diterapkan untuk masing-masing elemen yang ada. Merupakan suatu pengajaran yang memfokuskan pada pemahaman keterampilan agar apa yang diajarkan oleh guru dapat dipahami oleh muridnya dan dalam melakukan pengajaran menggunakan pendekatan taktik terhadap permainan yang diajarkan. Misalnya dengan mendesain dan memodifikasi permainan agar siswa tidak cepat bosan dengan apa yang diajarkan oleh gurunya.
Yang dimaksud dengan penilaian dalam pembelajaran TGFU yaitu tentang bagaimana seorang guru itu mengevaluasi apa yang telah diajarkan kepada para peserta didiknya, apakan mereka sudah memahami apa yang telah diajarkan olehnya atau belum. Yaitu melalui penilaian yang dapat berupa tes, tanya jawab, ataupun melihat langsung permainan yang dilakukan oleh peserta didiknya tentang apa yang sudah mereka dapatkan selama pembelajaran berlangsung. Penilaian ini dapat menggunakan 2 cara yaitu penilaian formal dan penilaian informal.
            Jadi pada intinya dalam melakukan penilaian pembelajaran harus sesuai dengan TGFU yang sudah ada. Artinya penilaian yang dilakukan tidak boleh semena-mena hanya untuk mendapatkan nilai saja, tetapi tujuannya agar siswa itu tahu dan paham tentang apa yang diajarkan oleh gurunya untuk nantinya dapat diterapkan oleh mereka dalam permaian olahrga. Secara otomatis kalau mereka sudah paham dan bisa, maka nilai yang didapatkan akan bagus. Penilaian ini harus memuat konsep dan taktik yang dilakaukan selama pembelajaran berlangsung agar nantinya siswa lebih mudah memahaminya dan mempraktekkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar