PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN TGFU
Penilaian
merupakan bentuk apresiasi dari apa yang sudah kita lihat atau lakukan. Baik dari
segi prosesnya maupun dari segi keterampilannya semua dapat kita nilai. Penilaian
juga harus sejalan dengan pendekatan Teaching Games for Undertanding (TGFU).
TGFU ini mengatur bagaimana olahraga harus berjalan dan diterapkan untuk
masing-masing elemen yang ada. Merupakan suatu pengajaran yang memfokuskan pada
pemahaman keterampilan agar apa yang diajarkan oleh guru dapat dipahami oleh
muridnya dan dalam melakukan pengajaran menggunakan pendekatan taktik terhadap
permainan yang diajarkan. Misalnya dengan mendesain dan memodifikasi permainan
agar siswa tidak cepat bosan dengan apa yang diajarkan oleh gurunya.
Yang
dimaksud dengan penilaian dalam pembelajaran TGFU yaitu tentang bagaimana
seorang guru itu mengevaluasi apa yang telah diajarkan kepada para peserta
didiknya, apakan mereka sudah memahami apa yang telah diajarkan olehnya atau
belum. Yaitu melalui penilaian yang dapat berupa tes, tanya jawab, ataupun
melihat langsung permainan yang dilakukan oleh peserta didiknya tentang apa
yang sudah mereka dapatkan selama pembelajaran berlangsung. Penilaian ini dapat
menggunakan 2 cara yaitu penilaian formal dan penilaian informal.
Jadi pada intinya dalam melakukan
penilaian pembelajaran harus sesuai dengan TGFU yang sudah ada. Artinya penilaian
yang dilakukan tidak boleh semena-mena hanya untuk mendapatkan nilai saja,
tetapi tujuannya agar siswa itu tahu dan paham tentang apa yang diajarkan oleh
gurunya untuk nantinya dapat diterapkan oleh mereka dalam permaian olahrga. Secara
otomatis kalau mereka sudah paham dan bisa, maka nilai yang didapatkan akan
bagus. Penilaian ini harus memuat konsep dan taktik yang dilakaukan selama
pembelajaran berlangsung agar nantinya siswa lebih mudah memahaminya dan
mempraktekkannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar